Pentingnya Google Dalam Dunia Digital Maketing
Pentingnya google dalam dunia
Digital Marketing, bahkan bisa dijadikan skil utama (wajib) dalam dunia Digital
Marketing.
Hi Digiters,
Kali ini penulis
akan membahas mengenai pentingnya paham Google dalam dunia Digital Marketing.
Seperti artikel yang pernah saya bahas pada judul :
7 Skil DigitalMarketing 2022 Yang Wajib Kamu Miliki
Nah, pada
kesempatan kali ini saya akan membahasnya lebih detail mengenai advance penggunaan
Google dalam digital marketing, jadi ruang lingkup kita terbatas untuk digital
marketing ya, dan tidak semua produk google akan saya bahas disini. Berikut yang
akan kita bahas dalam artikel kali ini :
Google search (Ranking web
SEO)
Google analytic (Traffic
Website/SEO)
Google webmaster (SEO)
Google Trends (Sesuatu yang
lagi trending/SEO)
google busines (Lokasi
Brand/merk/SEO)
Google page speed (kecepatan
website/SEO)
Google ads (Advertising/SEM/SEO)
Google Keyword Planer (Kata
kunci terkait bisnis/merk/SEO)
Yuk, kita mulai
bahas satu persatu dari sub-title diatas. Produk-produk google diatas tidak
jauh dengan SEO.
Google Search (Ranking Web SEO)
Google Search (Ranking Web SEO)
Kamu pasti
sudah sering akses google kan? Tepatnya google pencarian atau biasa di sebut
dengan Search Engine. Gooogle yang sat ini sudah berganti nama
menjadi Alphabet, namun sebagian besar produknya tetap menggunakan nama
google, dan orangpun lebih mudah dan familiar dengan nama google dibanding alphabet.
Dengan besarnya database google, informasi meengenai apapun yang kamu
cari di internet, semua ada di mesin pencarian Google. Maka tidak salah jika
google search menjadi mesin pencarian no.1 di dunia, diatas yahoo, bing dkk. Banyaknya
informasi yang bisa ditampung di google menjadikan kamu mudah dalam menemukan hal
atau informasi apapun yang kamu perlukan untuk menambah pengetahuan/wawasan
suatu hal. Nah itu juga bisa kamu manfaatkan untuk mencari informasi dan
pengetahun lebih dari bidang yang ingin kamu tekuni, termasuk Digital
Marketing.
Pentingnya Google Dalam Dunia Digital Maketing
Fungsi uutama
google search bagi seorang Digital Marketing adalah mengecek sudah sampai mana
ranking dari keyword (kata kunci) yang sudah ditentukan untuk dapat menjadi
nomer satu di halaman gooogle, agar ketika user mencari kata kunci tersebut,
website kita tampil di halaman pertama. Perlu diketahui teknik keilmuan inni di
sebut dengan SEO, penjelasan lengkap mengenai SEO bisa dibaca di artikel
berikut
Best Practice SEO Untuk Digital Marketing2022
Nah, lebih
detailnya bisa baca artikel diatas ya.
Google Analytic (Traffic Website)
Google Analytic (Traffic Website)
Nah, yang
kedua ini mungkin belum begitu familiar bagi kamu yang baru mengenal dunia
digital marketing. Dikutip dari Wikipedia : Google Analytics adalah sebuah
layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs
web. Google Analytics biasa digunakan oleh para pemilik website maupun blog
untuk menganalisa kinerja website bedasarkan data-data statistik yang
ditampilkan. Jadi google analytic adalah sebuah alat atau tools dari google
untuk mencatat traffic website kita, baik real time atau juga rentan waktu
tertentu. Produk google ini bisa dibilang digunakan oleh hampir semua pemilik
situs atau blog yang ingin mengembangkan situs atau blog mereka. Karena
fiturnya yang lengkap dan valid menjadikan tools ini menjadi tolak ukur pertama
dari keberhasilan SEO. Berikut beberapa fitur utama yang bisa di dapat dari
tools google analytic :
·
Mengetahui berapa banyak yang menunjungi website
kita, realtime, waktu tertentu dan juga halaman apa aja yang paling banyak
dikunjungi.
·
Mengetahui profile pengunjung website kita,
mulai dari jenis kelamin, usia sampai dari kota mana berasal.
·
Mengetahui akses perangkat yang paling banyak
mengakses website kita, mulai dari laptop, tablet hingga smartphone.
·
Mengetahui dari mana sumber traffic web berasal
: Media sosial, google,website atau lainnya.
·
Mengetahui produk apa saja yang paling banyak
terjual dan nilainya (jika website ecommerce). Konversi, remarketing dan lain
sebagainya.
Google Webmaster (SEO)
Google Webmaster
atau yang sat ini di sebut Gooogle Search Console adalah tools google yang
berfungsi untuk mengindex artikel-artikel yang ada di website kita agar bisa
segera terayapi oleh search engine dan terindex di search engine. Itulah fungsi
utama dari google search console, tools ini sangat membantu untuk SEO. Namun
dalam instalasinya dibutuhkan seorang yang paham mengenai coding, dikarenakan
ada beberapa tag script yang harus dipasang kedalam website agar tools ini bisa
bekerja degan baik. Atau cara lainnya adalah dengan menghubungkan ke Google analityc.
Selain itu juga sebuah situs harus memetakan artikel kedalam satu halaman atau
biasa di sebut denga sitemap, ini berfungsi agar mesin pencarian seperti
google mudah dalam meng-index semua artikel baik yang lama ataupun yang baru
update, kedalam mesin pencarianya. Setelah membuat halaman sitemap selanjutnya
kita masukan kedalam Google Search console. Disini penulis mencoba
memprakteknnya menggunakan blogspot ya.
Nah selain
fungsi uatama diatas, beberapa fungsi lainnya yang mungkin berguna adalah seperti
keyword, backlink, traffic. Sebagai contoh kita memasukan keyword brand
kompeetitor, maka kita akan mendapatkan info seperti artikel, backlink, update
yang mengandung keyword tersebut.
Google Trends (Sesuatu yang lagi
trending/SEO)
Google Trends (Sesuatu yang lagi trending/SEO)
Nah jika kamu
seorang content creator sebuah blog atau situs dan sedang bingung akan mengulas
atau menulis sebuah artikel, maka Google Trends solusinya. Dengan tools ini
kamu bisa tau sesuatu yang labi banyak di biccarakan orang, topic yang sedang hangat
dan sesuatu yang sedang banyak dicari orang dalam internet. Nah jika kamu membuat
artikel dengan thema tersebut dan mampu bertengger di posisi atas google
search, maka bisa dipastikan banyak pengunjungg yang mengakses wwebsite kamu, karena
artikel kamu banyak dikunjungi user yang sedang mencari seuatu yang sedang
trends tersebut.
Google Busines (Lokasi
Brand/merk/SEO)
Google Busines (Lokasi Brand/merk/SEO)
Buat
profile bisnismu semenarik dan selengkap mungkin di halaman search engine
google. Jangan lupa juga untuk selalu update mengenai hal-hal yang berkaitan
dengan bisnis kamu, agar pengunjung yang mencari bisnis kamu di google bisa
selalu update dengan hal-hal yang berkaitkan dengan bisnis kamu. Ini akan
meningkatkan engagement dan membangun relasi yang baik dengan pengunjung dan
juga calon pengunjung. Nah, setelah tau sekilas mengenai Google Bussines lalu bagaimana
cara membuatnya? Pertama buka url berikut : https://business.google.com namun sebelumnya kamu sudah harus memiliki akun
google ya. Setelah masuk ke laman tersebut, klik tombola ad new busines, kamu
akan diarahkan kedalam sebuah laman untuk mengisi mengenai detail profile bisnis
kamu, seperti detail bisnis, photo profile bisnis, jam buka, info dan lain sebaginya.
Hal yang palingg penting dalam proses ini adalah menambahkan alamat bisnis kamu
kedalam Google Maps, pastikan kamu menempatkan (PINNED) bisnis
kamu denga sesuai dan tepat di alamat yang sesuai. Karena ini akan berkaitkan
erat Ketika user mencari alamat bisnis kamu di google dan mencoba datang langsung
ke alamat kamu, jadi pastikan membuat pengunjung kamu bisa mendatangi tempat
bisnis kamu dengan akurat ya. Nah setelah proses diatas selesai, selanjutnya
google akan mereview dan memverifikasi bisnis kamu. Disini biasanya membutuhkan
waktu yang lumayan lama, karena google akan mengirimkan kode ggoogle (PIN
GOOGLE BISNIS) ke alamat yang kamu
input kedalam profile bisnis kamu. Jadi
sekali lagi, pastikan alamat bisnis kamu akurat ya, dan tunggu 2 s/d 7 hari
keerja untuk google mengiriman pin google melalui kurir kartu pos. Pastikan
juga kamu menulis kontak kamu dengan jelas dan benar agar tidak membingunggkan
kurir dalam menemukan alamat kamu.
Setelah
proses diatas selesai, maka selamat profile bisnis kamu sudah bisa tampil dan
diakses oleh public, Ketika user mencari profile kamu di google.com. Jangan lupa
untuk selalu mengupdate konten ke dalam google bussines kamu tentang photo,
artikel dan lainnya. Agar user juga update tentang bisnis kamu. Respon juga
ulasan para user di bisnis kamu, agar kamu bisa bisnis kamu bisa tersu
berkembang dengan mendengarkan kritik dan saran peengunjung real kamu.
Google Page Speed (kecepatan
website/SEO)
Google Page Speed (kecepatan website/SEO)
Nah, hal yang paling penting dalam SEO On Page
Optimization adalah kecepatan website
dalam dalam menampilkan sebauh page sebagai respon dari aktivitas user didalam
website kita. Semakin cepat, relevan dan compatible website kita dengan keyword
yang dicari user, semakin baik pula posisi ranking wwebsite tersebut dihalaman
google, bahkan bisa menempati urutan pertama. Nah, itulah ffitur utama dari
ggoogle page speed ini. Disini kamu bisa mengecek seberapa baik dan cepat
wwebsite kamu diakses via desktop dan smartphone. Masing-masing memiliki nilai
yang berbeda, jadi pastikan website kamu juga Mobile Friendy ya, karena
lebih dari 70% pengguna internet di Indonesia mengakses sebuah situs via
smartphone mereka. Berikut adalah
Langkah mengecek kecepatan wwebsite kita dengan tools pagespeed google, pertama
buka url : https://pagespeed.web.dev/ kemudian masukan url website kita, sebagai contoh adalah www.digiclasid.com dan google page speed akan secara otomatis dan
cepat memeriksa website kita, menganalisa dan memberikan info apa saja yang harus
diperbaiki dalam website kita, mulai dari size video, gambar, file yang terlalu
besar sampai dengan tag script coding yang harus diperbaiki, mulai dari cs,
html, hingga javascript.. Lengkap bukan tools ini, hasil akhir dari google page
speed ini adalah nilai dari website kita, mulai dari rentang 0 sampai dengan
100. Semakin tinggi nilai website kita, semakin bagus pula website tersebut,
dan dinilai berdasarkan device antara Dekstop Dan Smartphone dan
biasanya memiliki nilai yang berbeda. Nilai 50 kebawah biasanya ditandai
dengan warna merah yang berarti masih terhitung jelek dan harus
diperbaiki. Nilai 55 keatas biasanya ditandai warna pink yang menandakan
website tersebut bernilai cukup dan 75 keatas ditandai dengan
warna hijau yang berarti website tersebut cukup baik. Sampai dengan nilai 90 keatas yang
berarti website tersebut Good/Sangat Baik.
Itulah penjelasan singkat mengenai Google page
speed, pada prakteknya nanti biasanya akan banyak PR yang dikerjaan oleh
developer mengenai suggest peerbaikan dari google.
Google ads (Advertising/SEM/SEO)
Google ads (Advertising/SEM/SEO)
Tools ini
biasa digunakan ooleh seorang Internet Marketer cabang dari (Digital
Marketeing). Dgunakan untuk champaign di Youtube, Google Search dan juga
situs-situs yang berafiliasi dengan Google. Seperti : Kompas.com, detik.com,
cnn.com, cnbc.com dan hampir semua situs di Dunia berafiliasi dengan Google.
Jadi dengan tools ini, kamu bisa menampilkan iklan kamu ke pengguna di dunia
melalui jutan situs web yang bisa kamu pilih. Selain ke berbagai situs, kamu
juga bisa menampilkan iklan berbentuk video kamu kedalam youtube, Ketika user akan
menonton video sebuah video maka akan muncul iklan videomu. Yang terakhir
adalah iklan google search. Ini berfungsi Ketika user mencari keyword yang
relevan dengan bisnis kita, maka halaman web kita akan muncul paling atas dan
menjadikan kesempatan untuk dikunjungi oleh user. Penjelasan lengkap mengenai
Google Ads, bisa kamu akses di artikel berikut :
Cara
Membuat Iklan di Google Ads
Google Keyword Planer (Kata kunci
terkait bisnis/merk/SEO)
Dan
tools terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam dunia digital marketing adalah
Google Keyword Planner. Sebelum bisa menggunakan tools ini, kamu harus sudah
memiliki akun google ads ya, karena google kyword planner adala bagian dari
google ads. Langkah pertama adalah membuat akun di google ads dengan link
sebagai berikut : www.ads.google.com setelah
itu akan diminta untuk mengisi data dalam laman tersebut. Isi semua sesuai
petunjuk dan selamat anda telah membuat akun google ads. Fungsi utama dari tool
ini adalah merekomendasikan keyword yang relevan dengan situs kamu. Lengkap
dengan avg.search perbulan dari keyword tersebut, dan juga price untuk keyword
tersebut, jika kita akan memasang iklan di google search. Dari sini, kita bisa
tau, keyword apa saja yang harus ada dalam artikel dan website kita, jadi kita bisa membuat
konten-konten yang berfokus dari keyword-keyword tersebut. Agar ketika user
search keyword tersebut di google, website kita bisa muncul di halaman pertama
google.
Nah
demikian teman-teman artikel dengan Thema : Pentingnya Google Dalam Dunia Digtial
Marketing. Jika teman-teman ingin saya membahas meengenai artikel, tutorial,
tips mengenai digital marketing, silahkan komen dibawah ya. Semoga bermanfaat
(Wasalam/ Tri Mulyo)