Pentingnya Google Dalam Dunia Digital Maketing

 

 

Pentingnya Google Dalam Dunia Digital Maketing
Pentingnya Google Dalam Dunia Digital Maketing

Pentingnya google dalam dunia Digital Marketing, bahkan bisa dijadikan skil utama (wajib) dalam dunia Digital Marketing.

 

Hi Digiters,

 

Kali ini penulis akan membahas mengenai pentingnya paham Google dalam dunia Digital Marketing. Seperti artikel yang pernah saya bahas pada judul :

 

7 Skil DigitalMarketing 2022 Yang Wajib Kamu Miliki

 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya lebih detail mengenai advance penggunaan Google dalam digital marketing, jadi ruang lingkup kita terbatas untuk digital marketing ya, dan tidak semua produk google akan saya bahas disini. Berikut yang akan kita bahas dalam artikel kali ini :

 

Google search (Ranking web SEO)

Google analytic (Traffic Website/SEO)

Google webmaster (SEO)

Google Trends (Sesuatu yang lagi trending/SEO)

google busines (Lokasi Brand/merk/SEO)

Google page speed (kecepatan website/SEO)

Google ads (Advertising/SEM/SEO)

Google Keyword Planer (Kata kunci terkait bisnis/merk/SEO)

 

Yuk, kita mulai bahas satu persatu dari sub-title diatas. Produk-produk google diatas tidak jauh dengan SEO.

 

Google Search (Ranking Web SEO)

 

Google Search (Ranking Web SEO)
Google Search (Ranking Web SEO)

Kamu pasti sudah sering akses google kan? Tepatnya google pencarian atau biasa di sebut dengan Search Engine. Gooogle yang sat ini sudah berganti nama menjadi Alphabet, namun sebagian besar produknya tetap menggunakan nama google, dan orangpun lebih mudah dan familiar dengan nama google dibanding alphabet. Dengan besarnya database google, informasi meengenai apapun yang kamu cari di internet, semua ada di mesin pencarian Google. Maka tidak salah jika google search menjadi mesin pencarian no.1 di dunia, diatas yahoo, bing dkk. Banyaknya informasi yang bisa ditampung di google menjadikan kamu mudah dalam menemukan hal atau informasi apapun yang kamu perlukan untuk menambah pengetahuan/wawasan suatu hal. Nah itu juga bisa kamu manfaatkan untuk mencari informasi dan pengetahun lebih dari bidang yang ingin kamu tekuni, termasuk Digital Marketing.

 

Pentingnya Google Dalam Dunia Digital Maketing
Pentingnya Google Dalam Dunia Digital Maketing

Fungsi uutama google search bagi seorang Digital Marketing adalah mengecek sudah sampai mana ranking dari keyword (kata kunci) yang sudah ditentukan untuk dapat menjadi nomer satu di halaman gooogle, agar ketika user mencari kata kunci tersebut, website kita tampil di halaman pertama. Perlu diketahui teknik keilmuan inni di sebut dengan SEO, penjelasan lengkap mengenai SEO bisa dibaca di artikel berikut

 

Best Practice SEO Untuk Digital Marketing2022

 

Nah, lebih detailnya bisa baca artikel diatas ya.

 

Google Analytic (Traffic Website)

 

Google Analytic (Traffic Website)
Google Analytic (Traffic Website)

Nah, yang kedua ini mungkin belum begitu familiar bagi kamu yang baru mengenal dunia digital marketing. Dikutip dari Wikipedia : Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics biasa digunakan oleh para pemilik website maupun blog untuk menganalisa kinerja website bedasarkan data-data statistik yang ditampilkan. Jadi google analytic adalah sebuah alat atau tools dari google untuk mencatat traffic website kita, baik real time atau juga rentan waktu tertentu. Produk google ini bisa dibilang digunakan oleh hampir semua pemilik situs atau blog yang ingin mengembangkan situs atau blog mereka. Karena fiturnya yang lengkap dan valid menjadikan tools ini menjadi tolak ukur pertama dari keberhasilan SEO. Berikut beberapa fitur utama yang bisa di dapat dari tools google analytic :

 

·         Mengetahui berapa banyak yang menunjungi website kita, realtime, waktu tertentu dan juga halaman apa aja yang paling banyak dikunjungi.

·         Mengetahui profile pengunjung website kita, mulai dari jenis kelamin, usia sampai dari kota mana berasal.

·         Mengetahui akses perangkat yang paling banyak mengakses website kita, mulai dari laptop, tablet hingga smartphone.

·         Mengetahui dari mana sumber traffic web berasal : Media sosial, google,website atau lainnya.

·         Mengetahui produk apa saja yang paling banyak terjual dan nilainya (jika website ecommerce). Konversi, remarketing dan lain sebagainya.

 

Google Webmaster (SEO)

 

Google Webmaster (SEO)
Google Webmaster (SEO)

Google Webmaster atau yang sat ini di sebut Gooogle Search Console adalah tools google yang berfungsi untuk mengindex artikel-artikel yang ada di website kita agar bisa segera terayapi oleh search engine dan terindex di search engine. Itulah fungsi utama dari google search console, tools ini sangat membantu untuk SEO. Namun dalam instalasinya dibutuhkan seorang yang paham mengenai coding, dikarenakan ada beberapa tag script yang harus dipasang kedalam website agar tools ini bisa bekerja degan baik. Atau cara lainnya adalah dengan menghubungkan ke Google analityc. Selain itu juga sebuah situs harus memetakan artikel kedalam satu halaman atau biasa di sebut denga sitemap, ini berfungsi agar mesin pencarian seperti google mudah dalam meng-index semua artikel baik yang lama ataupun yang baru update, kedalam mesin pencarianya. Setelah membuat halaman sitemap selanjutnya kita masukan kedalam Google Search console. Disini penulis mencoba memprakteknnya menggunakan blogspot ya.

 

Nah selain fungsi uatama diatas, beberapa fungsi lainnya yang mungkin berguna adalah seperti keyword, backlink, traffic. Sebagai contoh kita memasukan keyword brand kompeetitor, maka kita akan mendapatkan info seperti artikel, backlink, update yang mengandung keyword tersebut.

 

Google Trends (Sesuatu yang lagi trending/SEO)

 

Google Trends (Sesuatu yang lagi trending/SEO)
Google Trends (Sesuatu yang lagi trending/SEO)

Nah jika kamu seorang content creator sebuah blog atau situs dan sedang bingung akan mengulas atau menulis sebuah artikel, maka Google Trends solusinya. Dengan tools ini kamu bisa tau sesuatu yang labi banyak di biccarakan orang, topic yang sedang hangat dan sesuatu yang sedang banyak dicari orang dalam internet. Nah jika kamu membuat artikel dengan thema tersebut dan mampu bertengger di posisi atas google search, maka bisa dipastikan banyak pengunjungg yang mengakses wwebsite kamu, karena artikel kamu banyak dikunjungi user yang sedang mencari seuatu yang sedang trends tersebut.

 

Google Busines (Lokasi Brand/merk/SEO)

Google Busines (Lokasi Brand/merk/SEO)
Google Busines (Lokasi Brand/merk/SEO)

 

                        Buat profile bisnismu semenarik dan selengkap mungkin di halaman search engine google. Jangan lupa juga untuk selalu update mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis kamu, agar pengunjung yang mencari bisnis kamu di google bisa selalu update dengan hal-hal yang berkaitkan dengan bisnis kamu. Ini akan meningkatkan engagement dan membangun relasi yang baik dengan pengunjung dan juga calon pengunjung. Nah, setelah tau sekilas mengenai Google Bussines lalu bagaimana cara membuatnya? Pertama buka url berikut : https://business.google.com namun sebelumnya kamu sudah harus memiliki akun google ya. Setelah masuk ke laman tersebut, klik tombola ad new busines, kamu akan diarahkan kedalam sebuah laman untuk mengisi mengenai detail profile bisnis kamu, seperti detail bisnis, photo profile bisnis, jam buka, info dan lain sebaginya. Hal yang palingg penting dalam proses ini adalah menambahkan alamat bisnis kamu kedalam Google Maps, pastikan kamu menempatkan (PINNED) bisnis kamu denga sesuai dan tepat di alamat yang sesuai. Karena ini akan berkaitkan erat Ketika user mencari alamat bisnis kamu di google dan mencoba datang langsung ke alamat kamu, jadi pastikan membuat pengunjung kamu bisa mendatangi tempat bisnis kamu dengan akurat ya. Nah setelah proses diatas selesai, selanjutnya google akan mereview dan memverifikasi bisnis kamu. Disini biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama, karena google akan mengirimkan kode ggoogle (PIN GOOGLE BISNIS)  ke alamat yang kamu input kedalam profile bisnis kamu.  Jadi sekali lagi, pastikan alamat bisnis kamu akurat ya, dan tunggu 2 s/d 7 hari keerja untuk google mengiriman pin google melalui kurir kartu pos. Pastikan juga kamu menulis kontak kamu dengan jelas dan benar agar tidak membingunggkan kurir dalam menemukan alamat kamu.

 

                        Setelah proses diatas selesai, maka selamat profile bisnis kamu sudah bisa tampil dan diakses oleh public, Ketika user mencari profile kamu di google.com. Jangan lupa untuk selalu mengupdate konten ke dalam google bussines kamu tentang photo, artikel dan lainnya. Agar user juga update tentang bisnis kamu. Respon juga ulasan para user di bisnis kamu, agar kamu bisa bisnis kamu bisa tersu berkembang dengan mendengarkan kritik dan saran peengunjung real kamu.

 

Google Page Speed (kecepatan website/SEO)

 

Google Page Speed (kecepatan website/SEO)
Google Page Speed (kecepatan website/SEO)


Nah, hal yang paling penting dalam SEO On Page Optimization adalah kecepatan  website dalam dalam menampilkan sebauh page sebagai respon dari aktivitas user didalam website kita. Semakin cepat, relevan dan compatible website kita dengan keyword yang dicari user, semakin baik pula posisi ranking wwebsite tersebut dihalaman google, bahkan bisa menempati urutan pertama. Nah, itulah ffitur utama dari ggoogle page speed ini. Disini kamu bisa mengecek seberapa baik dan cepat wwebsite kamu diakses via desktop dan smartphone. Masing-masing memiliki nilai yang berbeda, jadi pastikan website kamu juga Mobile Friendy ya, karena lebih dari 70% pengguna internet di Indonesia mengakses sebuah situs via smartphone mereka.  Berikut adalah Langkah mengecek kecepatan wwebsite kita dengan tools pagespeed google, pertama buka url : https://pagespeed.web.dev/ kemudian masukan url website kita, sebagai contoh adalah www.digiclasid.com dan google page speed akan secara otomatis dan cepat memeriksa website kita, menganalisa dan memberikan info apa saja yang harus diperbaiki dalam website kita, mulai dari size video, gambar, file yang terlalu besar sampai dengan tag script coding yang harus diperbaiki, mulai dari cs, html, hingga javascript.. Lengkap bukan tools ini, hasil akhir dari google page speed ini adalah nilai dari website kita, mulai dari rentang 0 sampai dengan 100. Semakin tinggi nilai website kita, semakin bagus pula website tersebut, dan dinilai berdasarkan device antara Dekstop Dan Smartphone dan biasanya memiliki nilai yang berbeda. Nilai 50 kebawah biasanya ditandai dengan warna merah yang berarti masih terhitung jelek dan harus diperbaiki. Nilai 55 keatas biasanya ditandai warna pink yang menandakan website tersebut bernilai cukup dan 75 keatas ditandai dengan warna hijau yang berarti website tersebut cukup baik.  Sampai dengan nilai 90 keatas yang berarti website tersebut Good/Sangat Baik.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai Google page speed, pada prakteknya nanti biasanya akan banyak PR yang dikerjaan oleh developer mengenai suggest peerbaikan dari google.

 

Google ads (Advertising/SEM/SEO)

 

Google ads (Advertising/SEM/SEO)
Google ads (Advertising/SEM/SEO)

Tools ini biasa digunakan ooleh seorang Internet Marketer cabang dari (Digital Marketeing). Dgunakan untuk champaign di Youtube, Google Search dan juga situs-situs yang berafiliasi dengan Google. Seperti : Kompas.com, detik.com, cnn.com, cnbc.com dan hampir semua situs di Dunia berafiliasi dengan Google. Jadi dengan tools ini, kamu bisa menampilkan iklan kamu ke pengguna di dunia melalui jutan situs web yang bisa kamu pilih. Selain ke berbagai situs, kamu juga bisa menampilkan iklan berbentuk video kamu kedalam youtube, Ketika user akan menonton video sebuah video maka akan muncul iklan videomu. Yang terakhir adalah iklan google search. Ini berfungsi Ketika user mencari keyword yang relevan dengan bisnis kita, maka halaman web kita akan muncul paling atas dan menjadikan kesempatan untuk dikunjungi oleh user. Penjelasan lengkap mengenai Google Ads, bisa kamu akses di artikel berikut :

Cara Membuat Iklan di Google Ads

 

Google Keyword Planer (Kata kunci terkait bisnis/merk/SEO)

 

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

                Dan tools terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam dunia digital marketing adalah Google Keyword Planner. Sebelum bisa menggunakan tools ini, kamu harus sudah memiliki akun google ads ya, karena google kyword planner adala bagian dari google ads. Langkah pertama adalah membuat akun di google ads dengan link sebagai berikut : www.ads.google.com setelah itu akan diminta untuk mengisi data dalam laman tersebut. Isi semua sesuai petunjuk dan selamat anda telah membuat akun google ads. Fungsi utama dari tool ini adalah merekomendasikan keyword yang relevan dengan situs kamu. Lengkap dengan avg.search perbulan dari keyword tersebut, dan juga price untuk keyword tersebut, jika kita akan memasang iklan di google search. Dari sini, kita bisa tau, keyword apa saja yang harus ada dalam artikel  dan website kita, jadi kita bisa membuat konten-konten yang berfokus dari keyword-keyword tersebut. Agar ketika user search keyword tersebut di google, website kita bisa muncul di halaman pertama google.

 

                Nah demikian teman-teman artikel dengan Thema : Pentingnya Google Dalam Dunia Digtial Marketing. Jika teman-teman ingin saya membahas meengenai artikel, tutorial, tips mengenai digital marketing, silahkan komen dibawah ya. Semoga bermanfaat (Wasalam/ Tri Mulyo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama