7 Skill Digital Marketing 2022 Yang Wajib Kamu Miliki |
Hi Digiters,
Dikesempatan kali ini, saya ingin membahas apa saja sekiranya skill yang dibutuhkan oleh seorang Digital Marketing yang umum di tahun 2022 ini. Bagi kamu yang ingin berkarier di sebagai digital marketing alangkah baiknya bisa memulai dari skill yang umum ini, atau bagi kalian yang memang sudah lama menggeluti profesi ini, mungkin bisa dijadikan sebagai upgrade diri. Tulisan ini dibuat untuk menjadi menjadi pengingat bagi penulis sendiri dan menjadi nilai tambah, tanpa bermaksud untuk menggurui, mari bersama belajar, bertumbuh dan berkembang.
Digital Marketing ditahun 2022 ini pertumbuhannya meningkat dratis, bisa dibilang hampir setiap brand atau perusahaan membutuhkan posisi ini. Karena marketing konvensional ini udah meralih menjadi marketing digital (Digital Marketing). Dan hampir setiap brand/perusahan membutuhkan marketing untuk meningkatkan branding dan juga penjualan produk/jasanya. Maka dari sini kebutuhan akan seorang Digital Marketing dalam perusahan sangat dibutuhkan.
Nah jika kamu ingin berkarier di dunia digital marketing ini, berikut 7 skill yang harus kamu miliki. Setidaknya 3 dari 7 skill yang akan saya jelaskan ini.
·
Google
·
desain grafis
·
Videographer & Video Editing
·
Marketplace
·
Coding
·
Media Social
· Advertising
Yuuk, mari kita bahas satu persatu.
1.) Google
Kemampuan awal
yang harus kamu miliki adalah google. Yap gooogle, seorang digital marketing harus
bisa dan paham penggunaan best practice gooogle. Karena banyak hal yang bisa
kita gali dan temukan di google. Seperti tutorial, informasi, dan semua hal yang
berkaitan dengan digital marketing ada di dalam google. Advance-nya
penggunan google adalah :
Google search
(Ranking web SEO)
Google
analhytic (Traffic Website)
Google
webmaster (SEO)
Google Trends
(Sesuatu yang lagi trending)
google busines
(Lokasi Brand/merk)
Google page
speed (keceptan website)
Google ads
(Advertising)
Google Keyword
Planer (Kata kunci terkait bisnis/merk)
Nah, itu yang menjadikan ggoogle wajib bagi
para calon digital marketing, karena fungsinya juga sebagai fundamental harus
diprioritaskan terlebih dahulu.
2.) Desain
Grafis
Skill yang
banyak dibutuhkan dalam reqruitment digital marketing adalah desain grafis.
Biasanya dibutuhkan ketika tim digital masih dlam lingkupm yang kecil. Karena
digital marketing tidak akan jauh dengan champaign/banner/materi iklan dan
sebagainya. Maka skill ini tergolong penting bagi seorang digital marketing.
Karena harus berurusan degan size, pixel, ukuran dalam materi promo yang
berbentuk digital. Biasanya juga ketika seorang digital marketing dibutuhkan
untuk updte konten di media social, maka bisa menggunakan aplikasi popular desain
grafis seperti adobe photoshop & adobe illustrator akan menjadi nilai
tambah.
3.) Videographer
& Video Editing
Skill diurutan
ketiga ini juga tergolong penting, mengingat trend sat ini dunia digital banyak
menggunakan video marketing, dibanding hanya gambar yang flat. Update content di
media sosialpun view dan engagementnya lebih tinggi video disbanding gambar,
seperti tiktok, reel Instagram, video youtube, mteri iklan semua membutuhkan video
yang menarik perhatian user atau calon customer. Terlebih jaman sekarang setiap
orang ingin menjadi selebgram, influencer, youtuber. Maka bisa skill ini akan
menjadi nilai++ bagi kamu.
4.) Marketplace
Seiring berkembangnya
jual beli banyak eccomerce dan marketplace baru yang bermunculan. Bahkan salah
satu marketplace Indonesia sudah menjadi unicorn, disbanding sebuah brand megembangkan
website sendiri, mereka lebih memilih menyediakan produk-produk mereka di marketplace
sebagai Official Store. Karena logikanya ketimbang kamu membuka toko sendiri di
tepi jalan yang harus mencari traffic sendiri, maka lebih baik kamu membuk
outlet di Mall yang sudah jelas ada traffic yang relevan. Maka dari itu sat ini
sangat banyak sekali brand-brand menyediakan took virtual mereka di marketplace
seperti : shopee, tokopedia, blibli, Lazada, bukalapak dan lain sebagainya.
Karena degan adanya took-toko di marketplace tersebut akan lebih mudah teerjangkau
oleh customer kita, dan didukung oleh champaign-champaign yang ada pada
marketplace itu sendiri.
5.) Coding
Kenapa skill
ini dibutuhkan di digital Marketing? Biasanya digital marketing tidak jauh dari
website, landing page, newsletter & SEO. Nah disiinilah peran coding
dibutuhkan, pertama ketika sebuah brand atau peerusahaan belum memiliki
website, maka kamu bisa menggunajan skill kamu untuk membuat website, baik itu
dari cms wordpres, blog, magento dan lain sebagainya. Yang kedua adalah landing
page, keetika seorang advertising membuat iklan, maka membutuhkan landing page yang
relevan dengan iklan teersebut, dan dibumbui dengan meta keyword, description agar
bisa lebih mengoptimise iklan selain itu juga agar bisa meningkatkan SEO di
ggoogle, tentu hal ini membutuhkan pengetahuan membaca coding. Selain itu juga
dalam proses pengiklan dengan google ads, fb ads, google analithyc juga
membutuhkan kemampuan membaca coding untuk menaruh script tersebut agar bisa terlacak.
Dan yang terakhir ketika kita akan meengirim email newsletter kepada para
customer, membutuhkan desain email yang tentunya menggunakan coding seperti :
html cs. Itulah mengapa pengetahuan coding diperlukan dalam profesi digital marketing.
6.) Media
Social
Pengetahuan
yang ini kamu pasti sudah faimliar kan? Nah di digital marketing juga sangat penting
paham dan mengerti media social. Karena mereka berlomba mengejar masa dari para
peselancar didunia maya, semakin brand kamu bisa memberikan konten yang bisa
menjadi entertain bagi mereka. Maka produk brand kamu berkesempatan besar untuk
dibeli mereka. Mak penting pula skill ini dalam dunia digital marketing, karena
akan berhubungan dengan kretivitas kamu dalam membuat konten dan juga jadwal dalam
pembuatan dan publish konten.
7.) Advertising
Nah yang
terakhir, skill yang tidak kalah pentingnya adalah advertising (pengiklan).
Kamu harus mampu dan bisa menggunakan tools seperti : fb & ig, google ads
(Search ads, youtube ads, display ads) dan juga ads dalam marketplace. Ini penting,
karena untuk mendatangkan traffic secara instant kamu butuh iklan untuk menarik
mereka kedalam program promosi yang kamu buat. Bahkan bisa dibilang digital
marketing ada karena dimulai dari internet marketing ini. Dengan penggunan best
practice pada tools-tools diatas, kamu bisa menargetkan champaign kamu se-spesifik
mungkin, dari mulai geografi, demografi, behaviour, sampai hobby dan pekerjaanya.
Dan biayanya juga bisa seminimal mungkin dengan Teknik optimise yang tepat.
Yang pasti lebih murah dibandiingg iklan konvensional di billboard, tv tau
lainnya. Selain itu juga reportnya detail dan terukur dengan jelas.
Nah itu dia, 7
skill yang wajib kamu miliki sebagai digital marketing. Setidaknya setengah dari
7 yang saya jabarkan kamu menguasainya, agar ketika ada kesempatan yang sesuai
dengan kriteria kamu bis menjadi salah satu kandidat terkuatnya.
Wasalam (semoga bermanfaat) Tri
Mulyo
digital memang bakal ad apotensi naik untuk tahun mendatang Jasa desain UI UX Website
BalasHapus