RESOLUSI DIGITAL MARKETING TAHUN 2022

 
Trend Digital Marketing taahun 2022


Hi Digiters,


Gimana kabar kamu di tahun 2022 ini? Sudahkan kamu menentukan resolusi kamu ditahun ini? Harapan, impian, target dan cita2 yang ingin kalian capai ditahun ini. Tahun baru selalu indentik dengan hal-hal baru, rencana, rancangan hingga target yang ingin kita capai ditahun ini. Begitupun saya yang tidak berbeda dengan kamu, yang ingin mencapai hal-hal baru ditahun ini. Mengawali tahun baru ini marilah kita semua berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu Allah Subhanahu Wataala. Agar semua harapan dan impian kita yang baik, semoga diijabah dan menjadi kenyataan. Amin Allahuma amin.

 

       Sebelum jauh kita membahas mengenai Digital Marketing serta ruang lingkupnya, dan hal-hal yang berhubungan dengan Digital Marketing. Disini penulis ingin menceritakan secara singkat, siapa dia dibalik layar kita? Secara singkatkan sebenarnya blog ini sudah lama tercipta, tepatnya pada desember 2015. Waah sudah lama sekali ya? Disitulah penulis bernama Tri Mulyo mulai mengiramakan jarinya diatas keyboard qwerty untuk mulai menggambarkan dan menjelaskan dalam bentuk tulisan di blog apa yang dipikirannya. Lahir di Brebes, dewasa di Jakarta dan kini berdomisili di Surabaya walaupun berkTP Bojonegoro. Memulai karirnya sejak 2012 sebagai Design Grafis di sebuah perusahaan Advertising Agency, lalu mulai meningkat menjadi web design dan kemudian menjadi seorang Digital Marketing sampai saat ini. Bisa dibilang memulai dibidang yang ia tekuni dari bawah hingga menjadi dasar yang kuat dan kokoh dibidangnya saat ini. Dan saat ini ia juga sebagai seorang Digital Marketing di perusahaan F&B di Surabaya.

 

        Bicara mengenai digital marketing, sebenarnya cakupanya cukup luas. Tak ubahnya seperti divisi IT, karena setiap menit bahkan detik dunia IT dan digital berubah sedemikian cepatnya. Maka seorang Digital Marketing harus mau terus mengupgrade pengetahuan, skill dan informasi yang terupdate secara masif. Tak bedanya dengan IT, Digital Marketing juga memiliki banyak sekali cabang ilmu yang harus dipelajari. Maka dari itu, biasanya seorang digital marketing memiliki focus dibidangnya. Ada yang focusnya berikan di internet seperti : google ads, fb ads, twitter ads & linkedin ads.  Ada juga yang fokusnya di Marketplace (shopee, tokopedia, blibli, lazada), Instant service (gofood, grabfood, shopeefood), website dan masih banyak sekali yang lainnya. Jadi tergantung kamu mau fokusnya dibidang yang mana, karena setiap channel/tools baru yang bermunculaan, maka itu merupakan tugas seorang Digital Marketing. Dan di dunia Digital Marketing pula yang mampu menjadikan divisi sales dan marketing dilebur dalam satu divisi. Lalu apa saja resolusi Digital Marketing di tahun 2022 ini? Simak penjelasannya sebagai berikut.

 

Video Marketing

 

         Media interaktif yang satu ini memang digandrungi segala macam usia. Mulai dari anak kecil hingga yang sudah tua. Dengan media interaktif ini pula pesan yang ingin kita sampaikan ke pelanggaan akan lebih tersampaikan. Mengingat dengan media interaktif ini kita bisa memaksimalkan indera para viewer. Mulai dari telingan, mata hinggaa rasa. Dibanding dengan gambar yang hanya flat, video bisa lebih menjadi daya Tarik bagi mereka yang melihat champaign kita. Disini pula peran sekaligus lowongan kerja sebagai videographer/editing video sangat diminati. Mengingat hampir setiap orang saat ini ingin menjadi youtuber/vlogger/influencer. Terkadang pula lowongan kerja sebagai Digital Marketing diharuskan mempunyai skill videographer/video editing (kembali lagi kebutuhan apa yang menjadi fokus dari perusahaan teersebut).

 

Shoppable Post & Omnichanel Maarketing

 

       Media social saat ini sudah bisa dibilang menjadi cara penjualan paling ampuh, mulai dari Facebook yang ini ada fitur marketplace-nya, instagrampun demikian. Tidak lama lagi tiktok juga akan mulai muncul. Bahkan di setiap post, kita bissa langsung link ke produk yang ada di media social. Selain itu juga trend lainnya membuka toko kita di semua channel yang ada, mulai dari website sendiri, marketplace (shopee, tokopedia, lazada & blibli) dan juga layanan instant delivery seperti grabfood, gofood, shoopeefood & jdid nearby. Dan semua channel yang sekiranya masuk dalam kategori produk/jaza yang kita jual. Tujuanya tentu utamanya branding dan agar calaon customer bisa menemukan dengan mudah produk/layanan yang kita jual. Disini pulalah peran copywriter sangat dibutuhkan. Mulai dari menulis content artikel di website, caption hingga wording untuk iklan. Biasanya sseeorang copywriter yang ahli mereka menggunakan teknik storytelling. Penulisan dan gayaa Bahasa yang bisa menyentuh calon customer, berpeluang mendapatkan konversi yang lebih tinggi. Tujuan lainnya juga agar SEO untuk produk/layanan yang kita jual bisa menempati ranking teratas dari keyword yang kita tuju. Nah pada peran ini pula biasa perusaahan menambahkan kualifikasi untuk Digital Marketing memiliki keahlian Copywriter.

 

Artiffial Intelegence

 

         Adalah sebuah program kecerdasan buatan yang dapat memprediksi pola sifat dan aktifitas konsumen. Chatbot adalah salah satu yang mengadopsi AI. Banyak brand-brand besar yang sudah mengadopsi chatbot AI dalam live chat mereka, mulai dari Tokopedia, Shopee, Halo doc, alodokter dan masih banyak yaang lainnya. Alih-alih menggunakan admin dalam membalas chatnya, mereka lebih cenderung memilih AI sebagai solusinya, selain lebih hemat biaya juga lebih stabil secara system dibanding dengan human yang memiliki peerasaan sedih, tersinggung dan lain sebagainya. Keunggulan lainnya AI chatbot bisa diakses dan digunakan 24 jam setiap harinya. Inilah yang menjadikaan AI chatbot memiliki prospek yang menjanjikan kedepannya. Karena didunia yang serba instant ini, pelayanan secara realtime untuk pelanggan menjadi prioritas utama. Selain chatbot AI juga digunakan di Google voice. Mengendalkan sumber data yang melimpah, menjadikan google voice dapat dijadikan andalan dalan setiap pertanyaan atau kendala yang kita alami.

 

        Nah itulah 3 tools utama Digital Marketing di tahun 2022 ini. Jikaa kamu sudah menguasainya atau sedang ingin belajar Digital Marketing, maka penulis sarankan untuk focus belajar di salah satu bidang diatas secara tekun. Karena kompetisi yaang tinggi dibutuhkan kompetensi yan mumpungi dibidang tersebut. Selain hal utama diatas masih banyak pula tools dan pendukung pada Digital Marketing yang wajib kamu ketahui. Penasaran? Tungguin update sselanjutnya ya, insha Allah penulis akan mulai menjabarka mengenai Digital Marketing dari basic hingga advance (Semogaa konsisten). Jadi di blog ini, kita bisa belajar bersama. Karenaa taak ubahnyaa penulispun, masih sama-sama belajar.

 

Wassalam (semoga bermanfat)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama