Trend Digital Marketing taahun 2022 |
Hi Digiters,
Gimana kabar
kamu di tahun 2022 ini? Sudahkan kamu menentukan resolusi kamu ditahun ini?
Harapan, impian, target dan cita2 yang ingin kalian capai ditahun ini. Tahun
baru selalu indentik dengan hal-hal baru, rencana, rancangan hingga target yang
ingin kita capai ditahun ini. Begitupun saya yang tidak berbeda dengan kamu,
yang ingin mencapai hal-hal baru ditahun ini. Mengawali tahun baru ini marilah
kita semua berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu Allah Subhanahu Wataala.
Agar semua harapan dan impian kita yang baik, semoga diijabah dan menjadi
kenyataan. Amin Allahuma amin.
Sebelum
jauh kita membahas mengenai Digital Marketing serta ruang lingkupnya, dan
hal-hal yang berhubungan dengan Digital Marketing. Disini penulis ingin
menceritakan secara singkat, siapa dia dibalik layar kita? Secara singkatkan
sebenarnya blog ini sudah lama tercipta, tepatnya pada desember 2015. Waah
sudah lama sekali ya? Disitulah penulis bernama Tri Mulyo mulai mengiramakan jarinya
diatas keyboard qwerty untuk mulai menggambarkan dan menjelaskan dalam bentuk
tulisan di blog apa yang dipikirannya. Lahir di Brebes, dewasa di Jakarta dan
kini berdomisili di Surabaya walaupun berkTP Bojonegoro. Memulai karirnya sejak
2012 sebagai Design Grafis di sebuah perusahaan Advertising Agency, lalu mulai
meningkat menjadi web design dan kemudian menjadi seorang Digital Marketing
sampai saat ini. Bisa dibilang memulai dibidang yang ia tekuni dari bawah
hingga menjadi dasar yang kuat dan kokoh dibidangnya saat ini. Dan saat ini ia
juga sebagai seorang Digital Marketing di perusahaan F&B di Surabaya.
Bicara
mengenai digital marketing, sebenarnya cakupanya cukup luas. Tak ubahnya
seperti divisi IT, karena setiap menit bahkan detik dunia IT dan digital
berubah sedemikian cepatnya. Maka seorang Digital Marketing harus mau terus mengupgrade
pengetahuan, skill dan informasi yang terupdate secara masif. Tak bedanya
dengan IT, Digital Marketing juga memiliki banyak sekali cabang ilmu yang harus
dipelajari. Maka dari itu, biasanya seorang digital marketing memiliki focus dibidangnya.
Ada yang focusnya berikan di internet seperti : google ads, fb ads, twitter ads & linkedin ads. Ada juga yang fokusnya di Marketplace
(shopee, tokopedia, blibli, lazada), Instant service (gofood, grabfood, shopeefood),
website dan masih banyak sekali yang lainnya. Jadi tergantung kamu mau fokusnya
dibidang yang mana, karena setiap channel/tools baru yang bermunculaan, maka
itu merupakan tugas seorang Digital Marketing. Dan di dunia Digital Marketing
pula yang mampu menjadikan divisi sales dan marketing dilebur dalam satu
divisi. Lalu apa saja resolusi Digital Marketing di tahun 2022 ini? Simak
penjelasannya sebagai berikut.
Video Marketing
Media
interaktif yang satu ini memang digandrungi segala macam usia. Mulai dari anak
kecil hingga yang sudah tua. Dengan media interaktif ini pula pesan yang ingin
kita sampaikan ke pelanggaan akan lebih tersampaikan. Mengingat dengan media
interaktif ini kita bisa memaksimalkan indera para viewer. Mulai dari telingan,
mata hinggaa rasa. Dibanding dengan gambar yang hanya flat, video bisa lebih
menjadi daya Tarik bagi mereka yang melihat champaign kita. Disini pula peran
sekaligus lowongan kerja sebagai videographer/editing video sangat diminati.
Mengingat hampir setiap orang saat ini ingin menjadi youtuber/vlogger/influencer.
Terkadang pula lowongan kerja sebagai Digital Marketing diharuskan mempunyai
skill videographer/video editing (kembali lagi kebutuhan apa yang menjadi fokus
dari perusahaan teersebut).
Shoppable Post & Omnichanel Maarketing
Media
social saat ini sudah bisa dibilang menjadi cara penjualan paling ampuh, mulai
dari Facebook yang ini ada fitur marketplace-nya,
instagrampun demikian. Tidak lama lagi tiktok juga akan mulai muncul. Bahkan di
setiap post, kita bissa langsung link ke produk yang ada di media social.
Selain itu juga trend lainnya membuka toko kita di semua channel yang ada,
mulai dari website sendiri, marketplace (shopee, tokopedia, lazada &
blibli) dan juga layanan instant delivery seperti grabfood, gofood, shoopeefood
& jdid nearby. Dan semua channel yang sekiranya masuk dalam kategori
produk/jaza yang kita jual. Tujuanya tentu utamanya branding dan agar calaon
customer bisa menemukan dengan mudah produk/layanan yang kita jual. Disini
pulalah peran copywriter sangat
dibutuhkan. Mulai dari menulis content artikel di website, caption hingga
wording untuk iklan. Biasanya sseeorang copywriter yang ahli mereka menggunakan
teknik storytelling. Penulisan dan gayaa Bahasa yang bisa menyentuh calon
customer, berpeluang mendapatkan konversi yang lebih tinggi. Tujuan lainnya
juga agar SEO untuk produk/layanan yang kita jual bisa menempati ranking
teratas dari keyword yang kita tuju. Nah pada peran ini pula biasa perusaahan
menambahkan kualifikasi untuk Digital Marketing memiliki keahlian Copywriter.
Artiffial Intelegence
Adalah
sebuah program kecerdasan buatan yang dapat memprediksi pola sifat dan
aktifitas konsumen. Chatbot adalah salah satu yang mengadopsi AI. Banyak
brand-brand besar yang sudah mengadopsi chatbot AI dalam live chat mereka,
mulai dari Tokopedia, Shopee, Halo doc, alodokter dan masih banyak yaang
lainnya. Alih-alih menggunakan admin dalam membalas chatnya, mereka lebih
cenderung memilih AI sebagai solusinya, selain lebih hemat biaya juga lebih
stabil secara system dibanding dengan human yang memiliki peerasaan sedih,
tersinggung dan lain sebagainya. Keunggulan lainnya AI chatbot bisa diakses dan
digunakan 24 jam setiap harinya. Inilah yang menjadikaan AI chatbot memiliki
prospek yang menjanjikan kedepannya. Karena didunia yang serba instant ini,
pelayanan secara realtime untuk pelanggan menjadi prioritas utama. Selain
chatbot AI juga digunakan di Google voice.
Mengendalkan sumber data yang melimpah, menjadikan google voice dapat
dijadikan andalan dalan setiap pertanyaan atau kendala yang kita alami.
Nah
itulah 3 tools utama Digital Marketing di tahun 2022 ini. Jikaa kamu sudah
menguasainya atau sedang ingin belajar Digital Marketing, maka penulis sarankan
untuk focus belajar di salah satu bidang diatas secara tekun. Karena kompetisi
yaang tinggi dibutuhkan kompetensi yan mumpungi dibidang tersebut. Selain hal
utama diatas masih banyak pula tools dan pendukung pada Digital Marketing yang
wajib kamu ketahui. Penasaran? Tungguin update sselanjutnya ya, insha Allah
penulis akan mulai menjabarka mengenai Digital Marketing dari basic hingga
advance (Semogaa konsisten). Jadi di blog ini, kita bisa belajar bersama.
Karenaa taak ubahnyaa penulispun, masih sama-sama belajar.
Wassalam (semoga bermanfat)